Kembali Menulis di Blogspot



Hai perkenalkan nama saya Akbar. Yang sedang ingin menulis kembali di Blogspot. Terakhir menulis di Medium adalah 26 Maret 2018 sekitar 3 tahun, 4 bulan, 11 hari terhitung dari hari ini 6 Agustus 2021. Sudah lama sekali ternyata.

Saya mencoba mengevaluasi penyebab saya lama tidak menulis lagi. Ada 4 alasan yang membuat saya banyak mikir untuk menulis kembali di Blogspot adalah:
  • Masih bingung untuk menggunakan tulisan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia
    Saya memutuskan untuk pakai bahasa Indonesia setelah mendapatkan inspirasi dari mas Johan Totting - Google Developer Experts (GDE). Sehingga saya mencoba memakai Bahasa Indonesia di platform Medium yang booming saat itu. Saya menulis satu artikel yaitu Ingin Menulis Namun Bingung Mulai Dari Mana pada 26 Maret 2018
  • Menentukan platform yang tepat untuk menulis
    Munculnya platform baru yang bagus dibandingkan dengan Blogspot misalnya: Medium, LinkedIn, Techinasia, Github Pages
  • Template
    Template yang disediakan memiliki tampilan yang kurang menarik dan untuk merubah custom template tidak mudah di Blogspot. Setelah beberapa tahun terdapat banyak pilihan yang disediakan oleh Blogspot sehingga tampilan lebih menarik.
  • Code highlight
    Tidak ada fitur bawaan untuk code highlight untuk bahasa pemrograman. Namun ini bisa diakali dengan menambahkan sedikit kode javascript untuk code highlight
Dengan adanya alasan tersebut di atas saya merasa saya perlu mencoba untuk kembali menulis di Blogspot. Saya sudah memiliki beberapa artikel yang pernah ditulis dan ingin dilanjutkan. Saat ini Blogspot sudah lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya. Semoga dengan evaluasi yang saya lakukan hari ini bisa membuat saya bisa memulai menulis kembali di Blogspot untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman. Amin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EPrT English Proficiency Test Soal - soal

cara memunculkan dan menyembunyikan icon date, time, clock, volume, network, power battery, action center pada taskbar pada Windows 7

Cara Mengurus Perpanjang SIM dan Rincian Biaya di Lumajang.