Etika Profesi Dalam Bekerja

08.54 Muhamad Akbar Bin Widayat 0 Comments

Whistle blowing adalah istilah bagi karyawan, mantan karyawan atau pekerja, anggota dari suatu institusi atau organisasi yang melaporkan suatu tindakan yang dianggap melanggar ketentuan kepada pihak yang berwenang. Secara umum segala tindakan yang melanggar ketentuan berarti melanggar hukum, aturan dan persyaratan yang menjadi ancaman pihak publik atau kepentingan publik. Termasuk didalamnya korupsi, pelanggaran atas keselamatan kerja, dan masih banyak lagi.

Breach of Contract adalah hukum penyebab aksi di mana kesepakatan yang mengikat atau tawar-untuk pertukaran tidak dihormati oleh satu atau lebih pihak untuk kontrak oleh non-kinerja atau gangguan lain pihak kinerja.

Bribery adalah praktek dimana seseorang yang dapat mengambil keputusan atau tindakan atas nama orang lain berdasarkan otoritasnya atau posisi dipengaruhi dengan membayar atau menawarkan manfaat moneter untuk mempengaruhi dia untuk mengambil tindakan atau keputusan yang dia tidak akan dilakukan sebaliknya. Misalnya. Penawaran uang kepada polisi untuk merekam laporan verifikasi salah.

Worm adalah dalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability.

Trojan Horse adalah dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Ingress Filtering adalah Salah satu cara untuk mengatasi masalah serangan anonim adalah dengan menghilangkan
kemampuan untuk menutupi/mengganti alamat sumber serangan. Teknik ini, sering disebut
sebagai ingress filtering, dilakukan dengan cara mengkonfigurasi router-router agar menahan
paket-paket yang datang dengan alamat sumber paket yang tidak legal (illegitimate). Teknik
semacam ini membutuhkan router dengan sumber daya yang cukup untuk memeriksa alamat
sumber setiap paket dan memiliki knowledge yang cukup besar agar dapat membedakan
antara alamat yang legal dan yang tidak.

Phishing adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan.

Scamming adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.(http://id.wikipedia.org/wiki/Scamming).

Roving Tap adalah semacam sertifikasi dalam dunia IT.

CALEA(Communications Assistance for Law Enforcement Act) adalah merupakan hukum penyadapan Amerika Serikat,Tujuan CALEA adalah untuk meningkatkan kemampuan penegakan hukum dan badan-badan intelijen untuk melakukan pengawasan elektronik dengan mensyaratkan bahwa telekomunikasi operator dan produsen perangkat telekomunikasi memodifikasi dan desain peralatan mereka, fasilitas, dan layanan untuk memastikan bahwa mereka memiliki built-in kemampuan surveilans, memungkinkan federal lembaga untuk memonitor semua telepon, internet broadband, dan lalu lintas VoIP secara real-time.

Slander adalah fitnah (untuk laporan sementara).

Libel adalah pencemaran nama baik (untuk ditulis, disiarkan, atau menerbitkan kata-kata)-adalah komunikasi pernyataan yang membuat klaim, tersurat maupun tersirat menyatakan akan faktual, yang mungkin memberikan individu , bisnis , produk , kelompok , pemerintah , atau bangsa citra negatif. It is usually a requirement that this claim be false and that the publication is communicated to someone other than the person defamed (the claimant ).
Hal ini biasanya sebuah persyaratan bahwa klaim ini tidak benar dan bahwa publikasi dikomunikasikan kepada orang lain selain orang dicemarkan nama baiknya (yang penuntut ).


Obscene Speech adalah Obscene Speech tidak dilindungi oleh Amandemen Pertama dan tidak dapat disiarkan kapan saja. Karena yang sifatnya cabul.

Defamation adalah Fitnah, hampir sama pengertiannya dengan slender dan liber.

Engress Filtering adalah Jika sudah cukup lama bergelut dengan router dan firewall, Anda mungkin tidak asing lagi dengan konsep ingress filtering—penggunaan firewall untuk mengatur traffic inbound. Ingress filtering memungkinkan Anda untuk mengontrol traffic yang masuk ke jaringan dan membatasi aktivitas. Anda mungkin tidak familiar dengan cara sekuriti yang sama yang dikenal dengan egress filtering, yang mengontrol traffic yang keluar dari jaringan Anda. Penambahan aturan ke router dan/atau firewall memungkinkan Anda untuk memberikan perlindungan dari tindak kejahatan yang banyak terjadi. Dua aturan yang bisa diimplementasikan adalah tidak ada outbound yang memuat alamat IP yang bukan untuk jaringan Anda (Ini merupakan aturan dasar egress filtering), dan tidak ada yang memuat alamat IP privat (non-routable). (Kenyataannya memang demikian, tetapi tidak ada salahnya memblokir dan mencatat traffic ini untuk mengetahui sumber error).


Link terkait:
(http://id.wikipedia.org/wiki/Whistle_Blowing)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Breach of Contract)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Bribery)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Cacing_komputer)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Trojan)
(http://en.wikipedia.org/wiki/Ingress_filtering)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Phishing)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Scamming)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Roving Tap)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Slander)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Libel)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Obscene Speech)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Defamation)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Engress Filtering)

0 komentar:

terimakasih komentarnya